Rabu, 07 Desember 2016

MAKALAH SIM TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN



MAKALAH
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah
( Sistem Informasi Manajemen )

Dosen Pembimbing:

Rika Dwi Harsasi, SE, M.SM

Oleh :
1. Abi Hasan Yusuf (5.15.02.04.0.001)
2.  Agil Lintang(5.15.02.04.0.004)
3. Akhmad Dwi Stya Riyanto   (5.15.02.04.0.007)
4. Moh.Khoirun Naim(5.15.02.04.0.103)

FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
2016
BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi yang signifikan menjadikan perubahan yang mulai merabah dalam hal yang di jajaki dan di perdalam oleh teknologi. Tenologi pun mulai mewabah ke jaringan informasi yang ada sehingga menjadikan perkembangan komunikasi yang mengalami perubahan dalam pemanfaatan teknologi internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia.
Perkembangan teknologi menyangkut tentang telekomunikasi dan jaringan.telekomunikasi dan jaringan ini cukup berkembang secara pesat yang meliputi tren komunikasi,revolusi internet,peranan ekstranet,jaringan telekomunikasi,alternatif jaringan, ada pula kemampuan bisnis yang menghasilkan penghematan biaya,peranan internet yang meningkatkan kolaborasi antara individu dan tim dalam sebuah perusahaan, serta komponen komponen umun yang utama dari jaringan telekomunikasi.
Perkembangan teknologi ini mempengaruhi banyak alternatif jaringan diantaranya adalah media komunikasi ,procesor,perangkat lunak,saluran dan arsitektur jaringan.Secara meluas teknologi komunikasi ini juga dapat di sebut perpindahan yang secara meluas,dimana sangan mempengaruhi jaringan antar jaringan yang saling terbuka,perkembangan teknologi inilah yang kadang memicu layanan hubungan pelanggan yang lebih baik melampaui manajemen antar  pasokan,hubungan antar organisasi  karena dapat membagi sebuah informasi penting atau informasi yang sangat berharga.
Perkembangan telekomunikasi dan jaringan juga bermdampak bagi pasar global dan juga sangat menguntungkan untuk pengembangan jasa produk ,dapat juga di gunakan untuk strategi dalam persaingan sebuah bisnis .dalam sebuah penjualan online di internet juga sangat menyangkut tentang perkembangan internet khususnya nilai bisnis internet ,biasanya juga sangat menguntungkan karena meningkatkan sebuah nilai loyalitas dari pelanggan .






B.  RUMUSAN MASALAH
1.      Apaitujaringanperusahaan ?
2.      Apasajatrendalamtelekomunikasi ?
3.      Bagaimanaperkembanganrevolusiinternet ?
4.      Apaartidarinilaibisnisinternet ?
5.      Apasajaperananjaringan?
6.      Jelaskanapasaja yang andaketahuitentangjaringantelekomunikasi ?
7.      Apaperangkatlunaktelekomunikasi ?

C.    Tujuan
1.      Untukmengetahuikonsepdarisebuahjaringan.
2.      Untuk mengetahui tren telekomunikasi.
3.      Untuk mengetahui perkembangan dalam revolusi internet.
4.      Untukmengetahuiarti nilai bisnis internet.
5.      Untuk mengetahui peranan jaringan.
6.      Untukmengetahuitentangjaringantelekomunikasi.
7.      Untukmengetahuiperangkatlunaktelekomunikasi.
















BAB II
PEMBAHASAN

1.     JARINGANPERUSAHAAN
Ketika komputer di hubungkan dalam jaringan ,dua industri – komputasi dan komunikasi- bertemu,dan hasilnya adalah lebih dari sejumlah bagian bagian. Dengan segera ,aplikasi komputasi menjadi tersedia untuk koordinasi dan perdagangan bisnis ke bisnis ,dan untuk organisasi kecil dan besar. Internet global menciptakan sebuah tempat publik tanpa batasan geogafis- ruang maya – dimana masyarakat dapat berinteraksi ,menyampaikan ide mereka dan terikat dalam pembelian barang dan jasa. Singkatnya hal itu berdampak,bagi komputasi maupun komunikasi dalam masyarakat dan struktur organisasi kita semakin meluas.
Telekomunikasi dan teknologi jaringan itu sendiri adalah bisnis dan kumpulan antar jaringan dan perubahan cepat. Bisnis ini telah menjadi perusahaan dalam jaringan ,internet,situs,serta intranet dan ekstranet adalah proses bisnis jaringan dan karyawan bersama yang menghubungkan mereka kepada pelanggan,pemasok,dan pemangku kepentingan bisnis mereka lainnya.
a.      Konsep dari sebuah jaringan
Istilah jaringan berarti sebuah rantai,kelompok atau sistem yang saling terkoneksi atau saling berhubungan dengan menggunakan definisi ini kita dapat mulai untuk mengidentifikasi berbagai jenis jaringan : rantai hotel sistem jalanan ,nama dalam buku alamat seorang atau PDA ,sistem jalur kereta api anggota sebuah gereja atau organisasi. Contoh contoh dari jaringan dalam dunia kita secara virtual tidak pernah berahir dan jaringan komputer,meskipun keduanya bernilai dan berdaya hanyalah satu contoh dari konsep.
b.      Hukum metcalfe
Hukum metcalfe menyatakan bahwa kegunaan ,atau utilitas dari sebuah jaringan setara dengan penguadratan jumlah pengguna.hukum metcalfe menjadi mudah untuk di pahami jika anda berpikir bagian umum dari teknologi yang kita gunakan setiap hari. Contohnya adalah telepon
2.     TREN TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam segala bentuk (suara, data,teks, tampilan, audio, dan video). Tren tren utama yang bermunculan dalam bidang telekomunikasi telah berdampak signifika dalam menejemen keputusan di area ini , ada beberapa tren komunikasi diantaranya adalah:
1.      Tren industri
Industri telekomunikasi telah berubah dari monopoli yang diatur oleh pemerintah menjadi sebuah pasar deregulasi dengan pemasok kompetitif yang sengit dari layanan telekomunikasi ,bagian perusahaan sekarang menawarkan pilihan bisnis dan konsumen untuk semuanya dari layanan telepon lokal dan global untuk komunikasi saluran satelit,radio mobile,televisi kabel,layanan telepon seluler dan akses internet.
2.      Tren Teknologi
Teknologi jaringan internet sebagai plafon teknologi mereka ,adalah pengarah teknologi telekomunikasi yang utama saat ini.sederetan situs HTML ,serve internet dan interanet perangkat lunak manajemen jaringan,produk jejaring internet TCP/IP, dan dinding keamanan adalah beberapa contohnya.
Gambar spectrum layananberbasistelekomunikasi yang tersediasaatini :
·         Sistem tebuka :adalah sistem informasi yang menggunakan standart umum untuk perangkat keras perangkat lunak,aplikasi dan jejaring , sistem internet memberikan konektivitas dan menyediakan tingkat interperabilitas .
·         Perangkat penengah adalah istilah umum untuk pemrograman apa pun yang melayani untuk melekatkan secara bersama sama atau menengahi antara dua pemisah,dan biasanya sudah ada program.
3.      Tren aplikasi bisnis
Perubahan dalam industri telekomunikasi dan teknologi telah disebutkan sebagai penyebab perubahan yang signifikan dan penggunaan bisnis komunikasi,.tren terhadap penjualan yang lebih banyak,layanan,teknologi internet,dan sistem terbuka,serta pertumbuhan yang cepat dari internet,situs seluruh dunia.serta intranet dan ekstranet korporat,secara dramatis meningkatkan jumlah aplikasi telekomunikasi yang layak. Dengan demikian jaringan telekomunikasi saat ini memainkan peranan penting dan menembus dalam proses bisnis elek tronik (e-business)berbantu situs,perdagangan komersial ,kolaborasi perusahaan ,dan aplikasibisnis lainnya yang mendukung operasi, manajemen dan tujuan strategis, untuk bisnis perusahaan besar maupun kecil.
Nilai bisnis dan jaringan telekomunikasi
Nilai bisnis apa yang dibuat ketika sebuah perusahaan menyorot pada tren dalam telekomunikasi yang baru saja telah kitaidentifikasi ?penggunaan internet,intranet,ekstranet dan jaringan telekonumikasi lainnya dapat secara dramatis memotong biaya ,yang mempersingkat jeda waktu dan waktu respons, mendukung perdagangan komersial,meningkatakan kolaborasikelompok kerja,membangun proses operasional,online,membagi sumberdaya mengunci pelanggan dan pemasok dan mengembangkan produk dan layanan baru.manfaat ini membuat aplikasi dari telekomunikasi menjadi lebih strategis dan penting untuk bisnis yang harus menambah temuan cara baru untuk berkompetisi,dalam pasar domestik maupun global .


3.      REVOLUSI INTERNET
Internet merupakan fenomena revolusioner dalam komputasi dan telekomunikasi ,internet telah menjadi jaringan terbesar dan paling penting dari jaringan saat ini dan berkembang ke dalam informasi global super bebas hambatan.
Internet secara konstan meluas seiring dengan lebih dan lebih banyak lagi bisnis dan organisasi dan pengguna mereka,komputer,dan jaringan yang tergabung dalam situs globalinternet memiliki setral sistem komputer atau pusat telekomunikasi,disana bagaimanapun terdapat 13 server yang di sebut server utama yang di gunakan utuk menangani bagian terbesar dari rute lalu lintas dari satu komputer ke komputer lainnya.
·         Penyediaan layanan internet
Salah satu aspek unik dari internet adalah tidak ada seorang pun yang benar benar memisulikinya. Semua orang yang dapat mengakses internet dapat menggunakan dan layanan ditawarkan ,karena internet tidak dapat diakses secralra langsung oleh individu,kami perlu menggunakan layananan dari sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam menyediakan akses yang mudah.Sebuah ISP atau internet service provider (penyedia layanan internet)adalah sebuah perusahaan yang menyediakan akses internet kepada individu dan orgnisasi. Dengan biaya bulanan ,penydia layanan ,memberikan anda sebuah paket perangkat lunak ,nama pengguna kata sandi dan akses nomor telepon atau akses protokol.
Gambarpenggunaan popular dalaminternet :
·         Aplikasi internet
Aplikasi internet yang digunakan paling populer,di antaranya surat elektronik,esan cepat,penjelajah situs di situs seluruh dunia. Dan berpatisipasi dalam kelompok berita dan ruang obrolan. Pesan surat elektronik di internet biasanya sampai dalam hitungan detik atau beberapa menit di manapun di dunia dan dapt berbentuk data faks dan arsip video. Internet menyediakan forum diskusi elektronik dan sistem papan buletin yang di bentuk dan dikelola oleh ribuan kelompok berita dengan minat tertentu.

4.     NILAI BISNIS INTERNET
Internet menyediakan sebuah sintetis dari kemampuan komputasi dan komunikasi yang menambah nilai ke setiap bagian siklus bisnis . penghematan biaya yang subtansi dapat naik karena aplikasi yang menggunakan internet dan teknologi berbasis internet seperti intranet dan ekstranet. Yang berbiaya tidak terlalu mahal untuk membangun ,mengoprasikan dan memelihara di bandingkan dengan sistem yang tradisional ,sebagai contoh sebuah maskapai menghemat uang setiap kali pelanggan menggunakan laman situsnya dari pada sistem telepon pendukung pelanggannya .
Sumber bisnis utama lainnya termasuk menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan produk yang inovatif ,selain mempertahankan pelanggan saat ini dengan layanan dan dukungan pelanggan meningkat .kebanyakan perusahaan membangun laman situs bisnis elektronik dari perdagangan komersial untuk mencapai enam bisinis utama :
ü  Menghasilkan penerimaan baru dari penjualan online
ü  Mengurangi biaya transaksi melalui penjulalan online dan dukungan pelanggan.
ü  Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklasn situs serta penjualana online ,
ü  Meningkatkan loyalitas dari pelanggan saat ini melalui layanan dan dukungan situs pelanggan yang ditingkatkan.
ü  Mengembangkan saluran pemasaran dan distribusi berbasis situs baru untuk produk yang sudah ada.
ü  Mengembangkan produk baru berbasis informasi yang dapat diakses di situs.

5.      PERANAN JARINGAN
Adapunbeberapaperananjaringanyakni:
1.      Peranan intranet
Intranet merupakan sebuah jaringan di dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi internet(seperti penjelajah situs server, protokol jaringan TCP/IP publikasi dan basis data dokumen hipermedia dan HTML dan lain lain )untuk menyediakan lingkungan serupa internet dalam perusahaan untuk berbagi informasi ,komunikasi ,kolaborasi dan pendukung proses bisnis sebuah intranet dipoteksi oleh ukuran keamanan seperti kata sandi ,enkripsi dan dinding penghalang ,sehingga hanya dapat diakses oleh pengguna resmi melalui internet .sebuah intranet perusahaan juga dapat diakses melalui intranet pelanggan ,pemasok dan mitra bisnis lain melalui tautan ekstranet
a.       Nilai bisnis intranet
Perusahaan mengorganisasi aplikasi intranet adalah mengelompokkan mereka ke dalam beberapa kategori layanan pengguna yang merefleksikan layanan dasar yang ditawarkan intranet ke pengguna mereka.layana tersebut disediakan oleh portal internet ,penjelajah dan server perangkat lunak seperti sistem lain dan perangkat lunak aplikasi serta peragkat kelompok yang menjadi bagian dari lingkungan perangkat lunak intranet perusahaan .
Ø  Komunikasi dan kolaborasi : intanet dapat secara signifikan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi di dalam sebuah perusahaan .sebagai contoh,anda dapat menggunakan penjelajah internet dan komputer personal anda atau sttasiun kinerja NC untuk mengirimkan dan menerima surat elektronik ,suara ,pages faksimile untuk berkomunikasi dengan yang lain di dalam organisasi anda sebagaiman dengan eksternal melalui internet .
Gambar portal informasiperusahaanuntukaplikasidalamkomunikasidankolaborasi,operasidanmanajemenbisnis,publikasisitusdanmanajemen portal intranet :
Ø  Publikasi situs.:keutungan dan pengembangan dan publikasi dokumen hiperlink multimedia kebasis data hipermedia yang dapat diakses pada server situs seluruh dunia telah berpindah ke internet koporat.
Ø  Operasi manajemen bisnis :intranet telah bergerak melampaui hanya terbatas membuat informasi hipermedia tersedia di server situs atau mendorongnya ke pengguna melalui siaran internet .
Ø  Manajemen portal intranet:oranisasi harus mempekerjakan orang TI dan SI untuk mengelolah fungsi fungsi dari intranet sejalan dengan pemeliharaan berbagai komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk keberhasilan operasi .

2.      Peranan ekstranet
Saat bisnis terus menggunaka teknologi internet terbuka (ekstranet) untuk mengembangkan komunikasi dengan pelanggan dan mitra ,mereka mampu mendapatkan banyak keuntungan kompetitif selama berjalan dalam pengembangan produk ,penghematan biaya,pemasaran,distribusi dan pendayagunaan kemitraan mereka,
Ekstranet adalah jaringan yang menggunakan ternologi internet untuk saling menghubungkan internet dari sebuah bisnis dengan intranet pelanggan ,pemasok atau mitra bisnis lainnya.perusahaan dapat membuat tautan antar jaringan pribadi  diantara mereka sendiri atau menciptakan tautan internet pribadi yang aman yang disebut dengan jaringan virtual pribadi.

6.      JARINGAN TELEKOMUNIKASI
a.       Alternatif telekomunikasi
Telekomunikasi adalah sebuah teknis tingkat tinggi,bidang teknologi sistem informasi yang berubah dengan cepat .kebanyakan pelaku bisnis tidak memerlukan pengetahuan terperinci dan karakteristik teknis.
b.      Model jaringan telekomunikasi
Secara umum jaringan komunikasi merupakan pengaturan apapun dimana si pengirim mensransmisikan sebuah pesan kepada si penerima melalui sebuah saluran yang berisi beberapa jenis medium,dan terdiri atas lima kategori komponen dasar.
1)      informasi,perangakat masukkan/keluaran apapun yang menggunakan jaringan telekomunikasi untuk mentransmisikan atau menerima data adalah sebuah terminal.
2)      Prosesor telekomunikasi yang mendukung transmisi data dan penerimaan atara terminal dan komputer.
3)      Saluran telekomunikasi :saluran komunikasi dapat menggunakan kombinasi seperti media,seperti tembaga kabel.kabel koaksial atau kabel optik .seperti gelombang micro saltelit komunikasi dan radio.
4)      Komputer: komputer mainframe dapat bertindak  sebagai komputer penyelenggara untuk sebuah jaringan besar  dibantu oleh komputer midrange bertindak sebagai prosesor front end,sementara sebuah komputer mikro yang bertindak sebagai sebuah server jaringan dalam sebuah jaringan kecil.
5)      Perangakat lunak pengendali telekomunikasi terdiri atas program yang mengendalikan aktivitas telekomunikasi dan mengelola fungsi jaringan telekomunikasi.

c.       Jenis jenis jaringan telekomunikasi .
Banyak jenis jaringan yang berbeda bertindak sebagai infrastruktur telekomunikasi untuk internet dan intranet serta ekstranet dari jaringan antar perusahaan .namun dari sudut pandang seorang pengguna ahir, hanya ada beberapa jenis dasar seperti jaringan area luas dan area lokal ,serta klien/server ,komputansi jaringan dan jaringan rekan ke rekan .
ü  Jaringan area luas : jaringan telekomunikasi area geografis yang luas disebut dengan jaringan area luas (wide area network (WAN)) jaringan yang melingkupi satu kota yang luas atau area metropolitan (metropolitan area network) dapat juga termasuk dalam kategori ini.
ü  Jaringan area lokal : atau bisa di sebut dengan (local area network (LAN)) menghubungkan komputer dan perangkat pengolahan informasi lainnya dalam area fisik terbatas, seperti kantor,ruang kelas gedung,pabrik manufaktur,atau klokasi kerja lainnya . LAN menggunakan berbagai media telekomunikasi,seperti kabel telepon biasa kabel,koaksial,atau bahkan sistem radio nirkabel dan inframerah,untuk saling menghubungkan komputer mikro stasiun kerja ,dan komputer pariferal.
Gambarjaringan area local (LAN) :
ü  Jaringan virtual pribadi(VPN) : adalah sebuah jaringan yang aman yang menggunakan internet  sebagai jaringan penyokong utama ,tetapi bergantung pada dinding penghalang jaringan ,enkripsi dan fitur keamanan lain dari koneksi internet dan ekstranet serta organisasi yang berpartisipasi.


Gambarjaringanpribadi virtual yang terlindungiolehdindingpenghalangjaringan :
ü  Jaringan klien/ server : jaringan ini telah menjadi arsitektur informasi utama dari komputansi di seluruh perusahaan . dalam jaringan klien/server, penggunaan akhir PC atau stasiun kerja NC adalah klien.mereka saling terhubung oleh jaringan area lokal dan berbagi pengolahan aplikasi dengan sever jaringan ,yang juga mengelolah jaringan.

ü  Komputasi jaringan : komputasi jaringan ini atau konsep jaringan sentris menampilkan jaringan sebagai sumber daya komputasi sentral dari lingkungan komputasi apa pun. Kumputer jaringan dan klien kecil lainnya menyediakan pengguna antar muka berbasis penjelajah untuk pengolahan pemrograman apikasi yang disebut aplikasi java.
ü  Jaringan rekan ke rekan : adalah alat jejaring telekomunikasi yang kuat bagi banyak aplikasi bsnis . dalam arsitektur server pusat ,perangkat lunakn pembagi arsip P2P mengkoneksikan PC anda ke server pusat yang berisi sebuah direktori dari seluruh pengguna lain rekan jaringan.

d.      Sinyal digital dan analog
Pada dasarnya analog atau digital merujuk kepada metode yang digunakan untuk mengubah informasi ke sinya elektrik. Telepon,mikropon,instrumen pemutar rekaman vinil ,pemutar CD ,rekaman ,komputer ,mesin faks dan lain lain .harus mengubah informasi ke sinyal elektrik dalam beberapa cara sehingga ia dapat di transmisikan atau di poses, sebagai contoh ,mikropon harus merubah gelombang tekanan yang kita buat suara ke dalam voltase elektrik yang terkorepondensi atau berjalan ,yang dapat di kirimkan melalui sambungan telepon. Pengras dalam sistem suara.siaran radio adn atau rekaman di beberapa medium.


e.       Media telekomunikasi
Ini termasuk sepasang kawat berpilin ,kabel koaksial dan kabel serat optik,seluruhnya merupakan secara fisik menautkan perangkat dalam sebuah jaringan ,juga termasuk gelombang mikro terestial,satelit komunikasi,sistem telepon seluler ,serta paket dan radio LAN. Seluruhnya menggunakan gelomang mikro dan gelonbang radio lainnya,selain itu ,ada sistem inframerah yang menggunakansinar inframerah untuk mentransmisikan dan menerima data.

f.       Teknologikabel
Teknologikabel adalah medium yang digunakan palig meluar untuk telekomunikasi ,sambungan ini digunakan untuk mendirikan jaringan komunikasi di seluruh dunia untuk transmisi suara dan data.
g.      Kabel koaksial
Terdiri atas kabel tembaga atau alumunium kokoh yang di hubungkan dengan pengatur jarak untuk menyekat dan melindunginya. Penutup kabel dan insulasi meminimalkan gangguan dan distori sinyal yang dibawa kabel.

h.      Serat optik
Menggunakankabel yang terdiri atas satu atau lebih filamen setipis rambut dan serat kaca yang di bungkus dengan sarung pelindung ,mereka dapat mengalirkan denyut dari elemen lampu yang terlihat yang di hasilkan oleh laser pada tingkat transmisi seesar triliun bit per detik .

i.        Teknologinirkabel
Teknologi nirkabel termasuk gelombang mikro terestial,satelit komunikasi ,telepon seluler dan pcs dan sistem radio panggi radio data bergerak,LAN,nirkabel dan berbagai teknologi internet nirkabel.
·         Gelombang mikro terestrial: termasuk sistem gelombang mikro yang terikat pada bumi yang menstramisikan sinyal radio berkecepatan tinggi dalam sebuah lintasan sambungan pandangan antar celah stasiun penyampaian yang diperkirakanterpisah 30 mill.
·         Satelit komunikasi: juga menggunakan gelombang radio mikro sebagai medium telekomunikasi mereka. Umumnya satelit komunikasi orbit bumu yang tinggi di tempatkan dalam stationary geosynchrous orbit sekitar 22.000 mill di atas ekuator.
·         Sistem seluler dan PS: menggunakan beberapa teknologi telekomunikasi namun seluruhnya membagi area geografis ke dalam area kecilatau st yang biasanya dari satu ke beberapa mill persegi dalam area.
·         LAN nirkabel: menggunakan satu dari beberapa teknologi nirkabel contohnya: termasuk teknologi radio frekuensi tinggi yang serupa dengan teknologi seluler digital dan radio frekuensi rendah yang disebut spektrum menyebar.
·         Bluetooth: sebuah teknologi nirkabel berjarak pendek yang disebut bluetooth dengan cepat telah dibangun di dalam komputerdan alat lain. Bluetooth bertindak sebagai koneksi nirkabel tanpa kabel ke alat periferal,seperti pencetak dan pemindai komputer.
·         Situs nirkabel: akses nirkabel internet ,intranet dan ekstranet tumuh lenih sebaagai perkembangan alat informasi berbantu komputer.telepon pintar ,radio panggil ,PDA dan alat komunikasi portable lain telah menjadi klient yang sangat kecil dalam jaringan nirkabel.




j.        Prosesortelekomunikasi
Prosesor telekomunikasi seperti modem ,multiplexer,switch dan router melaksanakan berbagai fungsi pendukung antara komputer dan alat lain dalam jaringan telekomunikasi.

k.      Modem
Modem adalah jenis prosesor yang paling umum,mereka mengubah sinyal digital dari sebuah komputer atau terminal transmisi di satu ujung dari sebuah tautan komunikasi kedalam frekuensi analog yang dapat di transmisikan melalui sambungan telepon biasa.

l.        Procesor antar jaringan
Processor antarjaringanadalah jaringan yang terhubung oleh prosesor komunikasi bertujuan khusus ,seperti saklar ,penerus pusat dan gerbang.

m.    Multiplekser
Multiplakserdalah proses komunikasi yang memungkinkan sebuah saluran komunikasi tunggal untuk membawa transmisi data yang simultan dari banyak terminal.




7.      PERANGKAT LUNAK TELEKOMUNIKASI
Merupakan komponen panting dari semua jaringan telekomunikasi ,telekomunikasi dan perangkat lunak manajemen jaringan dapat ditempatkan di dalam PC,server,mainframe dan procesor telekomunikasi seperti multiplekser dan penerus.

a.       Manajemen jaringan
Paket manajemen jaringan seperti sistem oprasi jaringan dan monitor telekomunikasi menentukan prioritas transmisi penerus tombol pesan,Pemilihan terminal dalam jaringan dan bentuk sambungan tunggu dari permintaan transmisi.
Contoh contoh dari fungsi manajemen jaringan utama :
§  Manajemen lalu lintas ,mengelola sumberdaya jaringan dan lalu lintas untuk menghindari penimbunan dan mengoptimalkan tingkat layanan telekomunikasi ke pengguna.
§  Keamanan : menyediakan keamanan sebagai salah satu perhatian utama dari manajemen jaringan saat ini ,perangkat lunak telekomunikasi harus memberikan fungsi auntentisitas,enkripsi dinding penghalang dan fungsi audit ,serta mendorog kebijakan keamanan.
§  Pengawasan jaringan memecahkan dan menjaga jaringan menginformasikan pengelola jaringan dari maslah yang potensial sebelum mereka terjadi.
§  Perencanaan kapasitas. Menyurvei sumber daya jaringan dan pola lalu lintas serta kebutuhan pengguna untuk menentukan seberapa baik untuk mengakomondasikan kebutuhan dari jaringan saat ia tumbuh dan berubah.

b.      Topologijaringan
Ada beberapa jenis dasar dari topologi atau struktur jringan dalam jaringan telekomunikasi.mengilustrasikan tiga topologi dasar yang digunakan dalam jaringan telekomunikasi area luas dan area lokal . sebuah jaringan bintang mengikat komputer pengguna ahir ke sebuah komputer pusat. Sebuah jaringan cicin mengikat prosesor komputer lokal bersama sama di dalam sebuah liiingkaran pada sebuah basis yang lebih setara .sebuah serangkaian jaringan adalah sebuah jaringan dimana prosesor lokal membagi rangkaian yang sama atau saluran komunikasi.
c.       Arsitekturdanprotokoljaringan
Pabrikasi telekomunikasi dan organisasi nasional serta internasional telah mengembangkan standart yang di sebut protokol
ü  Protokol
Adalah sebuah susunan standart dari aturan dan prosedur untuk pengendalian komunikasi dalam sebuah jaringan ,namun standart standart tersebut dapat dibatasi hanya ke satu perantara pabrikasi atau hanya satu jenis data komunikasi.bagian dari tujuan arsitektur jaringan komunikasi adalah untuk menciptakan standartisasi dan kesesuaian di antara protokol komunikasi.
ü  Arsitektur jaringan
Adalah untuk mempromosikan sebuah lingkungan telekomunikasi yang terbuka,sederhana ,fleksibeldan efisien yang di capai melalui pengguna protokol standart antar muka perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi standart dan desain dari sebuah antar muka multi level standart antar pengguna ahir dengan sistem komputer.
ü  Model OSI
Adalah sebuah deskripsi standart atau model referensi untuk bagaimana pesan sebaiknya di transmisikan antara dua titik manapun dalam sebuah jaringan telekomunikasi.
ü  TCP/IP internet
Internet menggunakan sebuah sistem protokol telekomunikasi yang telah digunakan secara meluas yang saat ini diterima sebagai sebuah arsitektur jaringan .TCP terdiri atas lima lapisan kontrol yang dapat dikaitkan ke tujuh lapisan arsitektur dapat digunakan oleh internet dan seluruh intranet serta ekstranet.
ü  Suara melalui IP
adalah telepon internet –praktik dari penggunaan sebuah koneksi internet untuk memberikan data suara menggunakan IP daripada menggunakan jaringan telepon beralih.
ü  Altenatif bandwidth
Kecepatac dan kapasitas komunikasi dari jaringan telekomunikasi dapat diklasifikasikaan sebagai bandwidth.bandwidth mewakili kapasitas dari koneksi ,sembilan besar kapasitas ,semakin besar kinerja yang mengikutinya ,sehinggan bandwidth memungkinkan jumlah data yang lebih besar untuk dipindahkan dari satu titik ke titik yang lain dengan kecepatan yang lebih besar.
ü  Alternatif peralihan
Layanan telepon bisa bergantung pada peralihan sirkuit,dimana sebuah saklar membuka sebuah sirkuit untuk membuat sebuah tautan antara seorang pengirim dan penerima itu tetap terbuka sampai sesi komunikasi selesai. Dalam peralihan pesan sebuah pesan di transmisikan sebuah blok waktu dari satu alat peralihat ke alat peralihan yang lainnya .
ü  Interoperabilitas jaringan
Interoperabilitas ini memastikan bahwa setiap orang dimanapun pada satu jaringan dapat berkomunikasi dengan setiap orang dimanapun pada jaringan lain tanpa harus khawatir mengenai berbicara bahasa yang umum dari sebuah perpektif telekomunikasi .




BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Untuk mendukung oprasi bisnis dalam jaringan telekomunikasi telah memanfaatkan internet,intranet dan jaringan komunikasi lainnya. Hal ini bisa di kategorikan sebagai perkembangan dari Tren komunikasi ,banyak juga dari tren komunikasi ini jaringan antar jaringan yang terbuka yaitu bisa memanfaatkan suara,video dan lain sebagainya. Banyaknya kolabrasi antar bisnis menyebabkan ledakan dari revolusi internet termasuk untuk hal perdagangan komersial dan lain lain.
Akses utama dalamam memudahkan untuk berbisnis adalah alasan dari ledakan revolusi internet,guna untuk memudahkan akses aman untuk si pelaku bisnis. Banyak nya strategi yang dibuat perusahaan dalam peningkatan strategi pemasaran antara lain yaitu saling bertukar informasi ,berkolaborasi informasi hal ini jelas jelas memanfaatkan nilai bisnis internet.
Peranan internet pun tidak pernah lepas dari sebuah bisnis antara lain yaitu mengumumkan dan membagi informasi,mengembangkan dan menyebarkan aplikasi yang penting .sedangkan dari peranan internet sendiri yaitu untuk menghubungkan sumberdaya internet dari sebuah perusahaan misal intranet dari pelanggan ,pemasok dan mitra bisnis. Jaringan telekomunikasi yang paling umum dan sering kita dengar antara lain yaitu LAN dan WAN yang interkoneksi menggunakan klien/server komputasi jaringan ,rekan ke rekan dan teknologi ke jejarig internet.
Dan adapula yang sering kita dengar dalam perkembangan teknologi dan komunikasi yang paling umum dan sering kita gunakan adalah modem termasuk alternatif dari sebuah jaringan yang melibatkan prosesor komunikasi ,selain modem juga ada multiplekser &prosesor antar jaringan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar