Rabu, 07 Desember 2016

MAKALAH SIM PERANGKAT KERAS



SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“ PERANGKAT KERAS ”


DISUSUN OLEH
1)      ARINI HIDAYATI
2)      DEWI SINTA TRI .K.
3)      DHURIYATAM PRASMITA .S.
4)      IIN NURMAZIDATUN NI’MAH



UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
TAHUN ANGKATAN 2015/2016

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan tugas makalah Pendidikan Kewarganegaraan tentang identitas nasional.
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah sistem informasi manajemen, dalam makalah ini membahas tentang sejarah singkat perangkat keras komputer, jenis –jenis sistem komputer,  dan komputer peripheral: Masukan, Keluaran, dan Teknologi Penyimpanan.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi pembaca dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.




Mojokerto, 28  September 2016


Penulis


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Sejarah singkat perangkat keras computer
Saat ini kita, menyaksikan perubahan teknologi terjadi dengan cepat yang bersekala luas. Bagaimanapun, berabad-abad  berlalu sebelum teknologi tumbuh dengan cepat untuk mengembangkan komputer. Tanpa komputer, banyak pencapaian teknologi dimasa lalu tidak mungkin terjadi. 
Pada konsep awal manusia mengenai angka, manusia menggunakan jemari dan ibu jari untuk melakukan aktifitas matematika dasar. Kemudian, leluhur kita menyadari bahwa dengan menggunakan beberapa objek yang mewakili digit, mereka dapat melakukan perhitungan melebihi cakupan dari jemari dan ibu jarinya.
Blaise pascal, ahli matematika dari prancis, menciptakan apa yang dipercaya sebagai mesin mekanik tambahan yang pertama di tahun 1642. Sebagaian mesinnya diadaptasi dari prinsip abacus, tetapi bereda dengan penggunaan tangan untuk menggerakan butiran manic atau panjang. Sebaliknya, pascal menggunakan roda untuk menggerakan panjang. Prinsip mekanik dari pascal masih dipakai sampai sekarang, seperti dalam pajangan pita perekam dan odometer. Pada 1674, Gottfried wilhem von Leibniz  mengembangkan mesin pascal sehingga mesin tersebut dapat membagi daan mengahlikan semudah menambah dan mengurangi.














B.       Jenis – Jenis Sistem Komputer
Sistem komputer saat ini muncul dengan berbagai ukuran, bentuk, dan kemampuan komputasi. Pengembangan prangkat keras dan perangkat lunak yang cepat dan perubahan kebutuhan pengguna akhir terus mendorong munculnya model terbaru dari komputer, mulai alat bantu digital pribadi terkecil yang dapat digenggam atau kombinasi telepon seluler sampai CPU dengan layar utama berganda untuk perusahaan.



     Kategori seperti sistem mainframe, midrange, dan komputer mikro masih digunakan untuk membantu kita untuk menyatakan daya pengolahan relatif dan jumlah pengguna akhir yang bisa mendukung jenis komputer dengan yang berbeda beda.
1.    Sistem Komputer Mikro
Komputer mikro adalah kategori terpenting dalam sistem komputer untuk pelaku usaha dan konsumen. Meskipun biasa disebut sebagai komputer pribadi, atau PC, komputer mikro lebih dari sebuah komputer mini bagi seseorang. Daya komputasi dari komputer rmikro melebihi mainframe dari generasi komputer sebelumnya, sebagian kecil dari biayanya. Untuk itu, merek telah menjadi ahli dalam pekerjaan jaringan untuk pelaku bisnis.
2.    Sistem Midrange
Sistem midrange merupakan server jaringan kelas atas dan server berjenis lain yang mampu menanangi pengolahan dari banyak aplikasi bisnis berskala besar. Meskipun tidak sekuat komputer mainframe, pembelian midrange berbiaya rendah, dan tahan lama seperti sistem mainframe, sehingga sesuai memenuhi kebutuhan komputer di banyak organisasi.
Sistem midrange telah populer sebagai server jaringan berkekuatan penuh ( komputer yang digunakan untuk mengoordinasikan komunikasi dan mengelola pembagian sumber daya dalam pengaturan jaringan untuk membantu pengaturan situs internet besar, intranet perusahaan dan ekstranet, dan jaringan lainnya.
Sistem midrange pertama kalinya terkenal sebagai komputer mini untuk penelitian ilmiyah, sistem instrumentasi, analisis teknik, dan pengawasan dan pengendalian proses industri. Komputer mini dapat menanganiberbagai penggunaan  karena aplikasi ini cakupannya sempitdan tidak mmbutuhkan pengolahan yang bermacam mcm seperti system mainframe .saat ini, system midrangememasukkan server yang dipakai pengendalian proses industry dan bangunan pabrik dan memainkan peran dalam pabrikasi yang dibantu komputer (computer – aided manufacturing-CAM) . Mereka juga bisa menjadi bentuk sebagai pekerjaan teknis bertenaga penuh untuk rancangan bantuan komputer dan komputasi lain dan aplikasi grafik intensif. System midrange juga digunakan sebagai server ujung –akhir untuk membantu komputer mainframe pada proses telekomunikasi dan pengelolaan jaringan.
3.    Sistem komputer mainframe
Sistem mainframe adalah besar, cepat, dan system komputer bertenaga penuh.mainframe juga memiliki kapasitas penyimpnan utama yang luas. Ukuran mainframe telah berkurang drastis selama beberapa tahun terakhir, sehingga mengurangi kebutuhan mereka atas pendingin udara, konsumsi daya listrik, dan luas lantai yang dibutuhkan- begitu pula akuisisi mereka dn biaya operasi kebanyakan peningkatan ini adalah hasil pergerakan dari air yang membanjir- yang mendinginkan mainframe ke teknologi pendingin udara untuk system mainframe
  Oleh karena itu, komputer mainframe melanjutkan dalam menangani kebutuhan pengolahan informasi banyak korporasi dan agensi pemerintah dengan tingginya jumlah transaksi pengolahan atau asalah komputasi yang kompleks.Sebagai contoh, banyak bank internasional, maskapai penerbangan, perusahaan minyak, dan korporasi.

·         System komputer super
Istilah komputer super menjelaskan sebuah kategori dari system komputer bertenaga penuh yang ekstrem yang khusus dirancang utuk pengetahuan, teknik, dan aplikasi bisnis yag membutuhkan kecepatan tinggi yang eksrim intuk komputasi numeric masal .super komputer digunakan untuk aplikasi , seperti peramal cuaca global, system pertahanan militer, komputasi kosmologi, dan astronomi, penelitian dan rancangan prosesor mokro, data pertambangan berskala besar, dan sebagainya
       Komputer super menggunakan arsitektur pengolahan paralel dari mikroprosesor yang saling berhubungan ( yang bisa melaksanakan banyak intruksi pada waktu bersamaan secara paralel ).
·         Gelombang berikutnya dari komputasi
Distribusi dan komputasi jaringan secara umum adalah suatu jenis khusus komputasi paralel yang bergantung pada komputer lengkap (dengan CPU, penyimpanan, persediaan listrik, jaringan penghubung, dan seterusnya) terhubung dengan sebuah jaringan (pribadi, umum, atau internet) dengan jaringan penghubung konfensional.
Keuntungan utama dari distribusi komputasi adalah masing – masing nodus dapat dibeli sebagai komoditas perangkat keras; ketika dikombinasikan, maka dapat menghasilkan sumber komputasi serupa dengan komputer super mutiprosesor, tetapi secara signifikan berbiaya rendah.Kelemahan dari fitur ini bahwa komputer yang melaksanakan kalkulasi mungkin tidak sepenunya dapat dipercaya.
·         Catatan Teknis Konsep Sistem Komputer
Sebagai seoorang pelaku bisnis, anda tidak membutuhkan pengetahuan teknis yang terperinci dari komputer.Bagaimanapun, anda perlu memahami beberapa konsep dasar mengenai konsep komputer, memahami komputer sebagai sebuah system komputer penting untuk penggunaan yang efektif dan manajemen komputer. Anda sebaiknya dapat menggambarkan komputer seperti ini: dariperangkat komputer mikro terkecil ke jaringan komputer terluas yang komponenya terkoneksi oleh  rangkaian jaringan telekomunikasi diseluruh kompleks bangunan atau wilayah geografis. 

Gambar 3.10 Konsep sistem komputer.Komputer adalah sebuah sistem dari komponen-komponen perangkat keras dan fungsi-fungsi.

Gambar 3.10 menggambarkan bahwa komputer merupakan perangkat keras yang teratur menurut fungsi-fungsi sistem berikut:
·      Masukan. Prangkat masukan dari sebuah sistemkomputer termasuk papan ketik, layar sentuh, pena, tetikus, pemindai optic dan seterusnya.
·      Pengolahan. Central processing unit(CPU) merupakan komponen pengolahan utama dari sebuah system komputer. (Dalam komputer mikro ada di prosesor mikro utama)
·      Keluaran. Perangkat keluaran dari sebuah sistem komputer termasuk unit tampilan video, pencetak, unit respons audio, dan seterusnya. Perangkat ini mengubah informasi elektronik yang diproduksi oleh sistem komputer menjadi bentuk yang dapat dimengerti manusia untuk presentasi kepada pengguna akhir.
·      Penyimpanan.Fungsi penyimpanan dari system komputer terjadi di sirkuit pada penyimpanan unit penyimpanan komputer, atau memori,di dukung oleh perangkat penyimpanan sekunder, seperti cakram magnetis dan penggerak cakram optic. Perangkat ini menyimpan data dan instruksi perangkat lunak yang dibutuhkan selama pengolahan. Prossesor komputer juga dapat memasukkan sirkuit penyimpanan yang disebut memori rahasia untuk kecepatan tinggi, penyimpnan sementara dari instruksi dan elemen data.
·      Pengendali. Unit penggendali CPU merupakan komponen penggendali dari system komputer.
C.      Computer periferal : masukan, keluaran, dan teknologi penyimpanan.
1.      Masukkan komputer
a)      Periferal merupakan nama generic yang diberikan untuk semua perangkat masukan, keluaran, dan penyimpanan sekunder yang menjadi bagian dari sebuah system computer tetapi bukan bagian CPU
b)      Teknologi masukan
Saat ini, teknologi masukan memberikan hubungan pengguna secara lebih alami bagi pengguna computer.Anda dapat memasukkan data dan memerintahkan langsung dan mudah ke dalam system computer melalui perangkat petunjuk.
c)      Perangkat petunjuk. Papan ketik masi merupakan perangkat yang lebih banyak digunakan untuk memasukkan data dan teks ke dalam system computer bagaimanapun juga, perangkat petunjuk( pointing device) adalah alternative yang lebih baik untuk mengeluarkan perintah, membuat pilihan, dan merespons tamplan prompt pada layar video anda. Tetikus elektronik ( electronic mouse) adalah perangkat petunjuk yang paling popular untuk menggerakkan kursor pada layar, semudah mengeluarkan perintah dan membuat gambar dan menu pilihan.
d)     Komputasi bebasis pena
Masih di pakai di banyak computer gengggam dan PDA. Meskipun kepopuleran teknologi layar sentuh, banyak yang masih lebih menyukai penggunaan perangkat berujung tajam daripada ujung jari mereka
e)      Layar sentuh (touch screen) merupakan perangkat yang membantu anda menggunakan computer dengan menyentuh permukaan layar tampilan vidionya.
f)       Sistem pengenal bahasa
g)      Pengenal bahasa (speech recognition) mungkin menjadi masa depan dari pendataan dan menjanjikan untuk menjadi metode termurah dalam pengolahan kata, aplikasi navigasi dan komputasi percakapan karena system ini lebih mudah, lebih alami bagi alat komunikasi manusia. System pengenalan bahasa yang terdigital, menganalisis dan mengklasifikasikan bahasa anda dan pola suaranya.

h)      Pemindai optik atau optical scanning pembaca teks atau grafik dan mengubah mereka menjadi masukan digital kedalam computer anda. Sehingga, pemindai optik memudahkan masuknya data secara langsung dari dokumen sumber kedalam system computer.
i)        Teknologi masukan lainnya
a)    Teknologi garis magnetis merupakan bentuk yang lazim dari pendataan yang membantu computer membaca penanda kredit.
b)   Kartu pintar (smart card) yang menamakan keping mikroprosesor dan beberapa kilobyte memori ke dalam debit, kredit dan kartu lainnya popular di Eropa dan tersedia di America Serikat.
c)    Kamera digital (digital camera) mewakili teknolgi dari seperangkat masukan yang tumbuh pesat.
2.      Teknologi keluaran
a)      Keluaran video merupakan jenis umum dari keluaran computer. Banyak computer dekstok yang masih tergantung pada monitor video yang menggunakan teknologi tabung sinar katoda (cathode ray tube-CRT) yang serupa dengan gambar tabung yang digunakan dalam pesat televise di rumah.
b)      Keluaran tercetak, informasi yang tercetak di kertas adalah bentuk umum dari keluaran setelah tampilan video. Oleh karena itu, system computer pribadi bergantung pada pencetak tinta dan laser untuk menghasilkan keluaran permanen (salinan) dalam bentuk cetakan berkualitas tinggi.
c)      Pertukaran penyimpanan : data dan informasi harus disimpan sampai dibutuhkan dengan menggunakan berbagai metode penyimpanan. Ada banyak jenis media dan perangkat penyimpanan :
Ø  Penyimpanan primer : memori semiconductor.
Ø  Penyimpanan skunder : cakram magnetis, cakram optik, pita magnetis.
3.      Dasar – desar penyimpanan computer
Data yang diproses dan di simpan dalam system computer melalui ada atau tidak adana sinyal elektronik atau magnetis di sirkuit computer atau media yang menggunakannya. Kapasitas penyimpanan seringkali di ukur dalam kilobyte (KB), megabyte (MB), gigabyte (GB), atau terabyte (TB).
a)      Akses langsung dan berurutan
Media penyimpanan utama seperti keping memori semikonduktor yang disebut memori akses langsung atau memori akses acak (RAM).Perangkat cakram magnetis sering disebut perangkat penyimpanan akses langsung (direct acces storage device-DASD).Sebaliknya, media seperti katrid pita magnetis dikenal sebagai perangkat akses berurutan.
b)      Memori semikonduktor
Memori merupakan pengangkut pada lokomotif CPU : untuk kinerja CPU yang maksimal, memori yang harus menjaga isi prosesor secara konstan dengan instruksi. CPU yang lebih cepat membutuhkan memori yang besar dan cepat, keduanya didalam memori singgahan dimana data dan instruksi tersimpan sementara.Penimpanan primer (memori utama) dari computer berisi keping memori semikonduktor mikroelektronik.Memori ini memberikan anda penyimpanan yang bekerja di computer yang dibutuhkan untuk mengelolah aplikasi anda.
Dengan demikian ada 2 tipe besar dari memori semikonduktor : memori akses acak (random – akses memory - RAM) dan memori hanya – baca (read – only memory ROM).
Ø  RAM, memori akses acak. Keping memori yang paling banyak digunakan dalam media penyimpanan utama. Setiap posisi memori dapat yang merasakan (baca) dan mengubah (menulis), sehingga disebut juga memori baca /tulis. Memori yang stabil.
Ø  ROM, memori hanya – baca .ketidakstabilan keping memori akses acak yang digunakan untuk penyimpanan permanen ; ROM dapat dibaca, namun tidak dapat dihapus/ditulis.


















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sejarah singkat perangkat keras komputer merupakan  perubahan teknologi terjadi dengan cepat yang bersekala luas. Sistem komputer saat ini muncul dengan berbagai ukuran, bentuk, dan kemampuan komputasi. Pengembangan prangkat keras dan perangkat lunak yang cepat dan perubahan kebutuhan pengguna akhir terus mendorong munculnya model terbaru dari komputer, mulai alat bantu digital pribadi terkecil yang dapat digenggam atau kombinasi telepon seluler sampai CPU dengan layar utama berganda untuk perusahaan.














DAFTAR PUSTAKA
James A O’Brien George M. Maracas.Edisi 9| BUKU 1. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar