Rabu, 07 Desember 2016

MAKALAH SIM SISTEM BISNIS ELEKTRONIK



Sistem Bisnis Elektronik
Bagian 1
Bisnis telektronik tidak sama dengan perdagangan komersial. Bisnis elektronik lebih luas cakupannya, melebihi transaksi-transaksi yang menggunakan internet, dalam kombinasi dengan teknologi-teknologi lainnya dan bentuk-bentuk komunikasi elektronik, untuk memungkinkan berbagai macam aktivitas bisnis. Saat ini banyak perusahaan menggunakan teknologi informasi untuk membangun sistem perusahaan lintas fungsional terintegrasi yang melintasi batasan fungsi-fungsi tradisional untuk merekayasa ulang dan meningkatkan proses-proses bisnis vital diseluruh perusahaan.
Proses pengembangan produk baru dalam perusahaan pabrikasi. Ini adalah contoh proses bisnis yang harus didukung oleh sistem lintas fungsional yang melintasi batasan dari beberapa fungsi bisnis.
 





    Pemasaran                                                     Penelitian &                                                   Pabrikasi
                                                                     Pengembangan/teknik
Oval: PemasokArsitektur aplikasi perusahaan ini menyajikan tinjauan dari aplikasi-aplikasi lintas fungsional yang utama dari perusahaan dan hubungan satu sama lainnya.



 
Oval: Mitra
Manajemen rantai pasokan pengadaan * perolehan
 
Text Box: Manajemen hubungan kemitraan penjualan * distribusiText Box: Manajemen Pengetahuan kolaborasi * dukungan keputusanOval: Karyawan                                                     









Oval: Pelanggan






 






Perangkat lunak aplikasi integrasi perusahaan (enterprise application integration-EAI) digunakan banyak perusahaan untuk menghubungkan aplikasi-aplikasi bisnis elektronik utama mereka.
Oval: Kantor belakang distribusi
Pabrikasi
Penjadwalan
keuangan
Perangkat lunak aplikasi integrasi perusahaan yang menghubungkan aplikasi kantor depan dan kantor belakang.


Oval: Kantor depan
layanan pelanggan, layanan di lapangan, konfigurasi produk, pendataan pesanan penjualan.
 
Aplikasi Integrasi
Perusahaan
(EAI)




(gambar 7.5)
Sistem pengolahan transaksi online memainkan peran strategis dalam perdagangan komersial. Banyak perusahaan menggunakan internet, ekstranet, dan jaringan lain yang mengikat mereka secara elektronis kepada pelanggan dan pemasok mereka untuk pengolahan transaksi online (online transaction processing-OLTP). Kemampuan ini menambah nilai bagi produk dan layanan mereka dan juga memberi mereka cara penting untuk membedakan dirinya dari pesaing.
(gambar 7.6)
(gambar 7.7)
Siklus pengolahan transaksi yaitu :
1.       Pendataan. Langkah pertama dari siklus pengolahan transaksi adalah menangkap data bisnis.
2.       Pengolahan transaksi. Sistem pengolahan transaksi mengolah data dengan dua cara: (1) pengolahan kelompok, dimana data transaksi diakumulasikan selama satu periode waktu dan diproses secara periodik (2) pengolahan seketika (pengolahan online), dimana data diolah segera setelah muncul. Semua sistem pengolahan transaksi online menggabungkan kemampuan proses seketika. Banyak sistem online bergantung pada kemampuan toleransi kesalahan sistem komputer yang dapat terus beroprasi walaupun ada bagian sistem yang gagal.
3.       Pemeliharaan basis data. Basis data sebuah organisasi harus diperbarui oleh sistem pengolahan transaksi, sehingga mereka dapat selalu mengoreksi dan memperbarui.
4.       Pembuatan dokumen dan laporan. Sistem pengolahan transaksi menghasilkan berbagai dokumen dan laporan.
5.       Pengolahan pertanyaan. Banyak sistem pengolahan transaksi memungkinkan menggunakan internet, ekstranet, intranet dan penjelajah situs atau manajemen bahasa permintaan untuk membuat pertanyaan dan menerima respon yang berhubungan dengan hasil aktivitas proses transaksi.
Sistem kolaborasi perusahaan adalah untuk memudahkan kita bekerja bersama-sama dengan lebih mudah dan efektif dengan membantu kita untuk :
·         Berkomuniksi : saling membagi informasi.
·         Berkoordinasi : mengorganisasi usaha kerja individual kita dan menggunakan sumber-sumber daya.
·         Berkolaborasi : bekerjasama secara kooperatif pada proyek-proyek dan penugasan.
·         Komunikasi elektronik, konferensi dan alat kerja perangkat lunak kolaboratif meningkatkan kolaborasi perusahaan.
Komunikasi elektronik, konferensi dan alat kerja perangkat lunak kolaboratif meningkatkan kolaborasi perusahaan.








 






·         Surat elektronik                                               
·         Pesan singkat
·         Pesan suara
·         Faksimile
·         Penerbitan dalam situs
·         Pager
Alat komunikasi elektronik termasuk surat elektronik, pesan suara, faksimile, penerbitan dalam situs, sistem papan buletin, pager, dan sistem telepon internet. Alat-alat ini memungkinkan anda secara elektronik untuk mengirim pesan, dokumen, dan arsip dalam data, teks, suara dan pesan atau multimedia melalui jaringan komputer.
Alat konferensi elektronik membantu orang berkomunikasi dan berkolaborasi saat bekerja bersama-sama. Salah satu jenis metode konferensi memungkinkan anggota tim dan kelompok kerja pada lokasi yang berbeda untuk bertukar ide secara interaktif pada ajtu yang bersamaan atau pada waktu yang berbeda sesuai kenyamanan mereka.
Alat manajemen kerja kolaboratif membantu orang untuk menyelesaikan atau mengatur aktivitas kerja grup. Perangkat lunak kategori ini mencakup alat penentuan tanggal dan penjadwalan, manajemen proyek dan penugasan, sistem aliran kerja dan alat manajemen pengetahuan.
Bagian 2
Fungsi bisnis pemasaran memperhatikan perencanaan, promosi, dan penjualan produk yang ada dipasar, serta pengembangan produk baru dan pasar baru untuk menarik dan melayani pelanggan baru dan potensial dengan lebih baik.
Sistem informasi pemasaran menyediakan informasi teknologi yang mendukug komponen-komponen utama dari fungsi pemasaran.
Pemasaran interaktif berhubungan dengan gambaran proses pemasaran yang berfokus pada pelanggan. Tujuannya adalah untuk memungkinkan perusahaan menggunakan jaringan-jaringan yang menguntungkan untuk menarik san menjaga pelanggan dalam pembelian, pembuatan dan peningkatan produk dan layanan.
Contoh sistem informasi bisnsi fungsional. Perhatikan bagaimana mereka mendukung wilayah fungsional utama di bisnis.
Pemasaran
 




·         Pabrikasi perencanaan sumber daya
·         Pabrikasi sistem eksekusi
·         Pengendalian proses
 
Produksi/operasi                                                                                                                 Manajemen sumber daya
·         Analisis kompensasi
·         Ketersediaan keahlian karyawan
·         Perkiraan kebutuhan personel
 
                manusia
 









       Akuntansi                                                                                                                    Keuangan

Sistem informasi pemasaran menyediakan teknologi informasi untuk mendukung komponen-komponen utama dan fungsi pemasaran.
 










Oval: Perilaku demografis/
Online    psikografis
   
Komunitas             konteks
  konten
Lima komponen utama dari target pemasaran untuk pedagang komersial.



 







Target pemasaran adalah sebuah konsep manajemen periklanan dan promosi yang mencakup lima komponen target.
·         Komunitas. Perusahaan dapat menyesuaikan pesan iklan dan metode promosi mereka untuk menarik orang dalam komunitas khusus.
·         Konten. Periklanan, seperti papan iklan atau spanduk, dapat ditempatkan di berbagai situs pilihan selain dalam situs perusahaan.
·         Konteks. Periklanan muncul hanya dihalaman situs yang ada hubungannya dengan konten suatu produk atau layanan. Jadi, periklanan ditargetkan hanya kepada orang-orang yang siap mencari informasi tentang suatu subjek masalah.
·         Demografis/psikografis. Usaha pemasaran situs dapat ditujukan hanya pada jenis-jenis atau kelas orang-orang khusus. Contoh : mereka yang belum menikah, usia dua puluhan, penghasilan menengah.
·         Perilaku online. Usaha periklanan dan promosi dapat disesuaikan untuk mengunjungi satu situs oleh seorang individual.
Sistem pabrikasi mendukung fungsi produksi/operasi yang mencakup semua aktivitas yang terkait perencanaan dan pengawasan proses produksi barang dan jasa.
CIM (computer integrated manufacturing) adalah keseluruhan konsep yang menegaskan bahwa tujuan sistem yang berdasarkan komputer dalam pabrikasi haruslah menyederhanakan, mengotomatisasi, mengintergrasi.
Keseluruhan tujuan dari CIM dan sistem informasi pabrikasi adalah untuk menciptakan proses pabrikasi yang fleksibel, cerdas yang secara efisien memproduksi produk kualitas tertinggi.
Sistem informasi sumber daya manusia adalah dirancang untuk mendukung :
Ø  Merencanakan untuk memenuhi kebutuhan personel dalam bisnis
Ø  Mengembangkan seluruh potensi karyawan
Ø  Mengendalikan seluruh kebijakan dan program dari seluruh personel
Ø  Perekrutan, penyeleksian, dan memperkerjakan
Ø  Penempatan tugas
Ø  Penilaian kinerja
Ø  Analisis manfaat karyawan
Ø  Pelatihan dan pengembangan
Ø  Kesehatan, keselamatan, dan keamanan
Pada dasarnya, bisnis menggunakan sistem informasi berbasis komputer untuk :
§  Membuat slip gaji dan laporan gaji
§  Mengelola catatan personel
§  Menganalisis pengguna personel dalam operasi bisnis
Sistem informasi sumber daya manusia mendukung penggunaan strategi, taktis dan operasional sumber daya manusia dalam sebuah organisasi.
(gambar 7.16)
Sistem akuntansi adalah yang tertua dan paling banyak menggunakan sistem informasi dalam bisnis. Mereka mencatat dan melaporkan transaksi bisnis dan peristiwa ekonomi lainnya.




Sistem informasi akuntansi yang penting untuk pengolahan transaksi dan pelaporan keuangan. Perhatikan bagaimana mereka terhubung satu dengan lainnya dalam aliran masukan dan keluaran.


 



Analisis penjualan
 
Sistem Penggolahan
Pembayaran tunai
 
Utang
 
Transaksi Gaji








 
                Sistem Penggolahan
                Transaksi Penjualan







 
                                                                        Penggolahan                                                                                                                                                            sistem penggolahan
Pengolahan persediaan
 
Pelaporan keuangan
 
                                                                        Buku besar                                                                                                                                                              transaksi pembelian
                                                                        Dan sistem pelaporan

Sistem manajemen keuangan berbasis komputer mendukung manajer dan pelaku bisnis dalam memutuskan terkait dengan pendanaan bisnis, alokasi dan pengendalian sumber daya keuangan dalam sebuah bisnis.
 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar